Kenapa harus Menulis


Kenapa harus Menulis?

Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Menulis dan berbicara merupakan keterampilan produktif. Di antara keempat keterampilan berbahasa, keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa tertinggi. Mengapa menulis tergolong keterampilan produktif? Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang melahirkan suatu tulisan yang dapat berupa pikiran dan perasaan orang yang membuat tulisan tersebut. Menulis membutuhkan keterampilan tingkat tinggi untuk meramu ide-ide dan gagasan-gagasan yang ada dalam pikiran seseorang menjadi sebuah tulisan yang apik untuk dibaca.
Apakah menulis itu susah?
Menulis bisa mudah, pun bisa saja susah. Menulis bisa dilakukan oleh semua orang yang tidak buta aksara. Menulis berbagai hal bisa dilakukan, termasuk menyalin catatan teman, dan membuat simpulan. Tetapi, menulis dalam arti menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan beda lagi. Setiap penulis harus pandai meramu gagasan-gagasan yang ada dalam pikirannya untuk menjadi tulisan yang menarik.
Menulis bukan berarti hanya dengan pena yah. Mengetik di gawai dan laptop juga termasuk kegiatan menulis. Setiap hari, mungkin kita tidak lepas dari gawai yang kita miliki. Membuka media sosial menuliskan status mengenai hal yang dialami hari ini. Hal itu juga termasuk kegiatan menulis. Menulis menggunakan laptop juga termasuk kegiatan menulis.
Apa sih pentingnya menulis? 
Menulis merupakan salah satu kegiatan untuk membantu otak mengingat. Mengapa demikian? Kemampuan otak manusia terbatas untuk mengingat segala hal yang terjadi. Dengan menulis, misalnya menulis pelajaran penting hari ini, maka ada arsip kedua atas ilmu yang didapat selain yang ada di otak kita. Jika, suatu ketika kita melupakan hal tersebut maka catatan yang kita miliki dapat dibaca untuk memanggil kembali memori otak kita tentang pelajaran tersebut.
Menulis bisa menjadi tempat menumpahkan segala isi hati. Yaps! Kita bisa menulis segala hal yang ada di hati kita, misalnya dengan menulis diari. Tak aka nada yang melarang, taka da yang protes, dan bisa menampung semuanya. Jadi, kegiatan menulis bisa sebagai terapi diri untuk mengatasi segala gejolak.   
Menulis juga bisa sebagai profesi. Bagaimana? Banyak orang yang menulis novel, menulis buku, menulis puisi, menulis cerpen, menulis berita, menulis resensi, dan masih banyak kegiatan menulis lainnya. Kegiatan-kegiatan menulis ini bisa saja menjadi profesi yang menghasilkan pundi-pundi, meskipun awalnya hanya sebagai hobi.  
Kenapa harus menulis?
Kenapa harus menulis? Dari hal-hal yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya tentang menulis, kita dapat mengetahui bahwa menulis itu penting. Kamu yang bukan siapa-siapa bisa menjadi orang yang sangat penting dengan tulisanmu. Kamu yang tidak bisa menyampaikan keluh kesahmu pada orang lain, bisa menyampaikan segalanya lewat tulisanmu. Kamu yang tidak terlihat di mata dunia, bisa menjadi poros pandangan melalui tulisanmu. Eits, menulis itu bisa menunjukkan bahwa dirimu ada.

Tulislah harapan dan impianmu sebanyak mungkin!
Tunggulah!
Harapan dan impian yang mana yang akan dikabulkan oleh Sang Pencipta.

#nulisyuk
#belajarmenulis
#nulisyukbatch37

Comments

Popular posts from this blog

Pencapaian tertinggi dan Kehilangan

KI HAJAR DEWANTARA DAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH

ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF